SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


AL-SHEIKH HASHIMUDDIN AL-GAYLANI BERKUNJUNG
KE PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani dan H. Dahlan Iskan diterima oleh Pengemban Amanah Sesepuh Pontren Suryalaya
Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani dan H. Dahlan Iskan berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom


Suryalaya, (12/10/2012) Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani itulah nama lengkap beliau yang merupakan keturunan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Beliau datang ke Indonesia khususnya ke Pondok Pesantren Suryalaya ini dengan tujuan ingin bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya, setelah sebelumnya berkunjung ke TQN Centre pimpinan KH. Wahfiudin, MBA., yang juga sebagai Wakil Talqin TQN Pondok Pesantren Suryalaya. Tentunya tak ada seorang pun yang menyangka kedatangan beliau ke Indonesia ini tiada lain semuanya itu atas kehendak Allah Swt yang telah mengatur segalanya. Bersamaan dengan hal tersebut, H. Dahlan Iskan yang sekarang ini menjabat sebagai Menteri BUMN juga berkunjung ke Pondok Pesantren Suryalaya.

Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani tiba di Pondok Pesantren Suryalaya pada pukul 03.00 WIB yang langsung disambut oleh Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya sekaligus dipersilahkannya masuk ke Madrasah untuk beristirahat sejenak mengingat perjalanan yang jauh ditempuhnya.

Sekitar pukul 09.00 WIB Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani beserta rombongan yang didampingi oleh H. Dahlan Iskan menyempatkan untuk berziarah ke makam Abah Sepuh dan Abah Anom, kemudian rombongan langsung menuju ke Kampus Latifah Mubarokiyah tepatnya di Gedung Sukriya Bakti untuk mengisi Kuliah Umum (Studium General) yang dihadiri kurang lebih 2000 orang terdiri dari Dosen-dosen beserta Mahasiswa/I Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (STEILM) Pondok Pesantren Suryalaya, Seluruh Komponen Lembaga Pendidikan Formal yang ada di lingkungan Pontren Suryalaya seperti MTs, MA, SMPI, SMA dan SMK Plus YSB Pondok Pesantren Suryalaya, Wakil Talqin TQN Pontren Suryalaya beserta para tamu undangan lainnya.



Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani dan H. Dahlan Iskan memberikan kuliah umum (Studium General) di Kampus Latifa Mubarokiyah Pontren Suryalaya


Kuliah Umum kali ini tentunya menarik perhatian banyak orang khususnya mereka yang hadir dan mengikuti kuliah umum tersebut, karena pematerinya berasal dari Baghdad yang juga keturunan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Syekh Hashim, demikianlah nama sapaannya, beliau ke Pondok Pesantren Suryalaya ini tidak di undang, melalui perantara H. Dahlan Iskan inilah beliau datang ke Pondok Pesantren Suryalaya. ini berawal dari H. Dahlan Iskan yang sempat melaksanakan Idul Fitrinya .di Baghdad, disana beliau bertemu dengan Syekh Hashim, ketika sedang berbincang-bincang dengan Syekh Hashim dalam benak beliau terbayang nama Suryalaya, yang akhirnya beliau berinisiatif untuk mengundang Syekh Hashim untuk mengunjungi beberapa tempat yang ada di Indonesia diantaranya ke Pondok Pesantren Suryalaya, karena Pondok Pesantren Suryalaya ini sebagai pusat pengamal Tarekat Qodiriyah Naqsyabandiyah (TQN) dan akhirnya jadwal kunjungan pun ditentukan dengan secepatnya. “katanya”.

Pemateri selanjutnya di isi oleh Al-Sheikh Hashimuddin Al-Gaylani, berhubung beliau berbicaranya memakai Bahasa Inggris karena tidak semua yang hadir di Gedung Sukriya Bakti ini bisa mengerti bahasa yang di ucapkan oleh beliau, akhirnya H. Dahlan Iskan-lah yang menterjemahkan pembicaraan yang di sampaikan oleh Syekh Hashim tersebut.

Setelah mengisi kuliah umum, beliau langsung menuju ke Madrasah untuk bersiap-siap melaksanakan shalat jumat di Mesjid Nurul Asror, selama itu pula beliau mengikuti dzikir bersama-sama dengan Ikhwan/Akhwat lainnya.