SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


“NERBANG”
ACARA RUTIN TAHUNAN YANG DIADAKAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA
SETIAP MEMASUKI BULAN RABIUL AWAL

suryalaya(24/01/2012). Berbeda dengan hari biasanya, memasuki bulan Rabiul Awal, setiap tahun sekali di Pondok Pesantren Suryalaya selalu diadakan acara nerbang.

Acara nerbang ini dipimpin langsung oleh bapak Emi, adapun yang mengikuti acara nerbang ini terdiri dari Bapak Maman, Ii, Oo, Uu, Oong, Nurjaman, Bana, Dadan, Uhud, Aip dan Luthfi. Selain itu banyak santri-santri Pondok Pesantren Suryalaya yang mengikuti acara tersebut, mereka mengikuti acara nerbang ini setelah selesai mengaji.

Sekitar pukul 20.30 WIB Suara tabuh nerbang mulai dibunyikan, suaranya yang keras begitu indah, sangking suaranya yang keras, hingga Ikhwan/Akhwat disekitar komplek Pondok Pesantren Suryalaya pun bisa mendengarkannya. Selain itu juga banyak Ikhwan/Akhwat yang berada disekitar komplek Pondok Pesantren Suryalaya yang menyediakan makanan ringan untuk para penabuh nerbang.

Acara nerbang ini dimulai dari membaca berjanji terlebih dahulu, dilanjutkan dengan nerbang, di acara nerbang ini semuanya ada 5 babak dan 2 babak untuk istirahat. Acara ini berlangsung di Serambi Mesjid Nurul Asror.

Suasana malam pada waktu itu pun begitu indah, ditambah dengan tabuhan nerbang, sehingga acaranya pun begitu ramai dan meriah. Pada pukul 23.00 WIB acara nerbang pun selesai.