SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


PAWAI NATURA DAN PAWAI MUSYABAQOH

Pawai Natura merupakan salah satu Program Kegiatan HUT ke-100 (Se-Abad) Pondok Pesantren Suryalaya. 5 tahun sekali pawai ini dilaksanakan oleh masyarakat Ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya dengan mengirimkan bahan pokok dan yang lainnya seperti beras, sayur-mayur, buah-buahan, kayu bakar, hewan potong, makanan dan sebagainya. Tentu saja pawai Natura ini dilakukan oleh Ikhwan yang tinggal tidak jauh dari pondok seperti beberapa kampung Cicalung, Warudoyong, Bojongbenteng, bahkan ada yang dari luar kota seperti Garut.

Peserta Pawai natura, Ikhwan Akhwat memasuki pondok pesantren dengan bawaannya masing-masing

Iring-iringan pawai ini dimulai dari pintu masuk Pondok sampai ke Madrasah bahkan ada yang berjalan kaki sejauh 3 km. Pangersa Abah, umi, para Pantia HUT bergantian menyambut kedatangan mereka. Selanjutnya natura ini disimpan di Gudang Natura yang terletak tidak jauh dari Makam Abah Sepuh. Secara resmi pawai natura dimulai tanggal 21 Agustus - 3 September, tapi Gudang Natura sudah siap menerima kiriman sejak tanggal 1 Agustus.

Setelah melewati Madrasah di hadapan Abah, peserta pawai langsung membawanya ke Gudang Natura

Sambil beristirahat melepas lelah, ibu-ibu dapur membagikan sebungkus nasi kepada mereka yang jumlahnya bisa mencapai ratusan orang. Menjelang HUT ini, ibu-ibu dapur tidak henti-hentinya memasak pagi, siang, sore maupun malam. Baik ibu-ibu dapur, Ikhwan yang mengikuti pawai Natura atau yang sedang memperindah Pondok Pesantren semuanya bekerja dengan Ikhlas memberikan tenaga ataupun harta untuk suksesnya 100 tahun Pondok Pesantren Suryalaya.

Hampir setiap hari pengurus Gudang Natura terlihat sedang sibuk (gambar kanan) menerima kiriman natura

Selain itu pawai Musyabaqoh dilaksanakan kemarin sore (24/8) ba'da dzuhur. Pawai ini menandai akan dimulainya beberapa musyabaqoh (perlombaan) seperti MTQ, Qasidah Rebana, Nasyid, Tabuh Bedug, lomba lari 10 km, jalan santai, bulu tangkis, sepeda santai dan yang paling unik Sepak Bola oleh para Wakil Talqin, Sesepuh dan Tokoh Ikhwan 4 September nanti. Berbagai Perlombaan ini akan dimulai 25-30 Agustus 2005.

Makan nasi bungkus sambil beristirahat (foto tengah)
Persiapan Pawai Musyabaqoh