SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


“NERBANG”
ACARA RUTIN TAHUNAN YANG DIADAKAN DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA
DALAM MENYAMBUT BULAN RABIUL AWAL

Suryalaya(18/11/2017). Berbeda dengan hari biasanya, memasuki bulan Rabiul Awal, setiap tahun sekali di Pondok Pesantren Suryalaya selalu diadakan acara nerbang. Nerbang merupakan salah satu tradisi yang ada di Pondok Pesantren Suryalaya yang dilaksanakan setiap Bulan Rabiul Awal. Nerbang menyambut hari pertama dibulan Rabiul Awal disebut dengan istilah Mapag Bulan (Menyambut Bulan).
Nerbang kali ini bertempat di Serambi Mesjid Nurul Asror, dilaksanakan setelah Isya mulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Sekitar pukul 20.30 WIB Suara tabuh nerbang mulai dibunyikan, suaranya yang keras begitu indah, sangking suaranya yang keras, hingga Ikhwan/Akhwat disekitar komplek Pondok Pesantren Suryalaya pun bisa mendengarkannya.

Acara nerbang ini dimulai dari membaca berjanji terlebih dahulu, dilanjutkan dengan nerbang. Di acara nerbang ini semuanya ada 5 babak dan 2 babak untuk istirahat. Acara ini berlangsung di Serambi Mesjid Nurul Asror. Suasana malam pada waktu itu pun begitu indah, ditambah dengan tabuhan nerbang. Pada pukul 23.00 WIB acara nerbang pun selesai.




SILATURAHMI KAPOLRES TASIKMALAYA KOTA AKBP ADI NUGRAHA, S.I.K.
KE PONDOK PESANTREN SURYALAYA


Suryalaya, Rabu(08/11/2017). pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB Pondok Pesantren Suryalaya kedatangan Tamu Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Adi Nurgaha, S.I.K. beserta rombongan diantaranya Kanit Reskrim Polres Tasikmalaya Kota, Kanit Narkoba Polres Tasikmalaya Kota, Kapolsek Kec. Pagerageung, Kapolsek Kec. Ciawi.
Setibanya di Suryalaya Kapolres Tasikmalaya Kota disambut langsung oleh H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. selaku Sekretaris Pondok.
Selain bersilaturahmi Beliau juga minta doanya dari Keluarga Pondok untuk kemaslahatan didalam melaksanakan tugasnya sebagai Kapolres Tasikmalaya Kota yang baru.
Setelah selesai berbincang-bincang, Beliau dan rombongan pun berpamitan.