SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


HALAQOH YAYASAN SERBA BAKTI PONTREN SURYALAYA
SE EKS KARESIDENAN PEKALONGAN
TEGAL, 13 SEPTEMBER 2014

Tegal, Sabtu (13/09/2014)Sekitar Pukul 08.00 WIB acara Halaqoh Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Se Eks Karesidenan Pekalongan dimulai yang bertempat di Ponpes Miftahul Jannah Desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Kegiatan ini diikuti oleh semua ikhwan/akhwat TQN Pontren Suryalaya Se Eks Karesidenan Pekalongan.
Adapun Tema Kegiatan ini yaitu "Dengan Halaqoh Kita Tingkatkan Amaliah Thariqah Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya"

Yang melandasi diadakannya kegiatan ini menurut Panitia Penyelenggara yaitu setelah wafatnya Guru Mursyid TQN POntren Suryalaya baik disadari maupun tidak bahwa terjadi beberapa pergeseran nilai-nilai dan penyimpangan yang sudah tidak sesuai dengan ajaran Abah Sepuh dan Abah Anom. Mendasari hal tersebut maka dalam rangka menjaga kemurnian amaliyah TQN POntren Suryalaya sesuai dengan ajaran Mursyid, maka Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Perwakilan Tegal memandang perlu adanya kegiatan seperti ini yang akan memberikan pengertian, pemahaman dan keyakinan serta pencerahan terhadap berbagai hal kepada ikhwan/akhwat TQN Pontren Suryalaya dalam mengamalkan amaliyah TQN Pontren Suryalaya yang sesuai dengan tuntunan Mursyid.

Dalam kegiatan ini yang menjadi pembicara, antara lain :

  1. H. Baban Ahmad Jihad S. B. Ar. mewakili dari Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya
  2. H. Edi Karman, S.Ag. mewakili dari Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Pusat
  3. KH. Moh. Busyaeri Wakil Talqin TQN Pontren Suryalaya
  4. H. Shofar Solahudin Bisri, S.Ag., M.Pd.



Suasana Kegiatan Halaqoh
Penjelasan dari Pihak Panitia
Penjelasan dari Pihak Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Pusat
H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. sedang memberikan pemahaman dan penjelasan kepada peserta Halaqoh



TA’ARUF MAHASISWA-MAHASISWI
IAILM DAN STIELM PONDOK PESANTREN SURYALAYA
TAHUN 2014

Suryalaya, Jum'at (12/09/2014) Tak kenal maka tak sayang sebuah istilah yang selalu di pakai oleh seseorang kepada orang yang baru dikenalnya dengan tujuan supaya saling mengenal diantara yang satu dengan yang lainnya. Maka dengan ini Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (STIELM) Pondok Pesantren Suryalaya mengadakan Kuliah Ta’aruf untuk calon mahasiswa dan mahasiswi baru tahun ajaran 2014/2015 M.

Kegiatan Kuliah Ta’aruf ini berlangsung selama 4 hari dimulai sejak tanggal 13 s/d 15 September 2014 yang di isi dengan berbagai macam kegiatan yang dirancang dan dikemas sedemikian rupa demi lancarnya kegiatan tersebut. Kegiatan ini diantaranya di isi dengan beberapa materi yang disampaikan oleh dosen-dosen Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (STIELM) Pondok Pesantren Suryalaya yang sudah ahli dalam bidangnya. Setiap selesai materi calon mahasiswa dan mahasiswi baru ini selalu diselangi dengan hiburan dari panitia dengan tujuan supaya mereka tidak merasakan kejenuhan selama mengikuti kuliah ta’aruf ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Sukriya Bakti.



Suasana Ta'aruf Mahasiswa/i IAILM & STIELM Pontren Suryalaya


Berdasarkan data yang diperoleh dari panitia kegiatan yang mengikuti Kuliah Ta’aruf ini kurang lebih 322 peserta yang terdiri dari mahasiswa IAILM dan STIELM Pondok Pesantren Suryalaya. Untuk mahasiswa IAILM berjumlah 222 orang terdiri dari Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah dan mahasiswa STIELM berjumlah 100 orang terdiri dari Jurusan Manajemen dan Perbankan.