SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


PELANTIKAN PENGURUS YAYASAN SERBA BAKTI PONTREN SURYALAYA
KORWIL NUSA TENGGARA BARAT (NTB) DAN PERWAKILAN KABUPATEN/KOTA SE-NUSA TENGGARA BARAT
MASA HIDMAT 2014 - 2019

Suryalaya, Sabtu (08/11/2014).Dalam rangka merealisasikan Surat Keputusan Majelis Pengurus. Maka Majelis Pembina dan Majelis Pengurus Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya pada hari Sabtu tanggal 8 Nopember 2014 terbang menuju Propinsi Nusa Tenggara Barat untuk melantik pengurus YSB Korwil NTB, Perwakilan Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Sumbawa yang pelaksanaannya di pusatkan di Kota Mataram.
Sekitar Pukul 12.00 WIB Rombongan berangkat dari Bandara Husen Sastranegara - Bandung menuju Lombok. Tiba di Lombok sekitar Pukul 16.15 WITA langsung menuju tempat isitrahat.

Keesokan harinya, Minggu (09/11/2014), Rombongan menuju kediaman Wakil Talqin KH. Luqman H. Kamiludin untuk mengikuti amaliyah Manaqib di Mesjid dan Sekretariat Korwil NTB yang beralamat jalan TGM. Abdul Karim Gersik Desa Gelogor Kecamatan Kediri Lombok Barat, Komplek Pondok Pesantren dan kediaman penasehat Korwil NTB sekaligus Wakil Talqin dari sekitar pukul 15.30 – 17.00 WITA.
Kegiatan pengurus dengan ikhwan TQN di tempat tersebut diawali dengan shalat Ashar berjama’ah, dzikir dan khataman serta dilanjutkan dengan Amaliyah Manaqib, dalam kesempatan tesebut Sekretaris Majelis Pembina Yayasan Serba Bakti Pusat H. Baban Ahmad Jihad S.B.Ar. berkesempatan menyampaikan arahan dan amanat kepada para ikhwan dan calon pengurus yayasan yang akan dilantik.
Kegiatan diakhiri dengan ceramah dalam rangka pembinaan ikhwan TQN oleh KH. Beben Muhammad Dabbas.



Amaliyah Manaqib di Mesjid Komplek Pesantren Pimpinan KH. Luqman H. Kamiludin
KH. Beben Muhammad Dabbas menyampaikan khidmat ilmiah


Bertolak dari Gersik Lombok Barat, perjalanan rombongan H. Baban Ahmad Jihad S.B.Ar. dilanjutkan menuju rumah dinas kediaman bapak H. Bambang Himawan (direktur BI propinsi Nusa Tenggara Barat) di Kota Mataram, tiba di tempat tersebut sekitar pukul 17.30. Rombongan beristirahat dan persiapan kegiatan sampai adzan magrib tiba.
Di rumah kediaman bapak H. Bambang Himawan tersebut, ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya, calon Pengurus Korwil dan calon Pengurus Perwakilan Kabupaten/Kota di propinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan shalat Maghrib berjama’ah, Dzikir, Khataman, Shalat-shalat sunnat, Shalat Isya berjama’ah, Dzikir, Khataman dan makan malam dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Yayasan Serba Bakti Korwil NTB dan Pelantikan Pengurus Perwakilan Kabupaten/Kota di propinsi Nusa Tenggara Barat.
Majelis Pembina Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Pusat bapak H. Baban Ahmad Jihad S.B.Ar., mengharapkan agar pengurus yayasan Korwil NTB dan perwakilan kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat yang baru dilantik, mampu memberdayakan diri secara optimal, sehingga dapat menjadi motor penggerak berbagai kegiatan positif dan produktif, pelindung ikhwan serta pengemban misi syiar TQN Pondok Pesantren Suryalaya yang bertanggung jawab dan setia kepada kemursyidan Syeikh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. (Pangersa Abah Anom).
Kegiatan selanjutnya setelah pelantikan pengurus yayasan, dilaksanakan manaqiban sekaligus syukuran atas berakhirnya masa tugas bapak H. Bambang Himawan yang akan segera bertolak ke pulau Sumatera untuk menunaikan tugas di tempat yang baru sebagai direktur BI Kota Bengkulu.



H. Edi Karman, S.Ag. melantik Pengurus YSB Korwil NTB dan Perwakilan Kota/Kabupaten se-NTB
KH.Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. (Sekretaris Majelis Pembina) menyampaikan Sambutan dari Ketua Majelis Pembina


Perjalanan rombongan bapak H. Baban Ahmad Jihad S.B.Ar. ke Propinsi Nusa Tenggara Barat berakhir pada hari Senin tanggal 10 Nopember 2014, rombongan dilepas oleh tuan rumah bapak H. Bambang Himawan dan pengurus YSB korwil/perwakilan lainnya.
Pukul 08.30 WITA rombongan berangkat ke Bandara Udara Internasional Lombok menuju Bandara Ngurah Rai Bali untuk kemudian terbang kembali menuju Bandara Husen Satranegara Bandung Jawa Barat.




UPGRADING I ANGKATAN KE I
LEMBAGA DAKWAH THOREQAT QODIRIYYAH NAQSYABANDIYYAH
PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Suryalaya, Selasa (04/11/2014).Dengan mengambil berkah di hari Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al Jailani QS. pada 11 Muharam 1436 H, LEMBAGA DAKWAH TQN Pontren Suryalaya melaksanakan kegiatan UPGRADING I Angkatan ke I untuk seluruh Pengurus LDTQN Pontren Suryalaya, Para Mubaligh/Mubalighah, Para Ustadz/Ustadzah, Para Sesepuh Khotaman dan Manaqib.
Adapun Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini tiada lain adalah untuk "Menertibkan Dakwah TQN Pontren Suryalaya". Kegiatan Upgrading ini dilaksanakan selama 2 hari dari hari Selasa - Rabu tanggal 4-5 November 2014 M / 11-12 Muharam 1436 H yang bertempat di Aula Sukriya Bhakti Kampus Latifah MUbarokiyah dan Mesjid Nurul Asror POndok Pesantren Suryalaya.

Acara Upgrading ini dimulai sekitar pukul 13.00 WIB yang dibuka langsung oleh H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. selaku Dewan Pembina LDTQN Pontren Suryalaya. Kegiatan UPGRADING I Angkatan Ke I diikuti oleh sekitar 230 orang. Peserta UPGRADING terdiri dari para Mubaligh, Sesepuh Khataman dan Manaqib dari hampir Seluruh Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya baik Korwil maupun Perwakilan di Seluruh Indonesia yang masing-masing mengutus paling sedikit 1 orang.

Dalam Acara Pembukaan Upgrading I juga dilaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKs) antara Lembaga Dakwah TQN Pontren Suryalaya dengan Bank Mandiri Syari'ah dalam hal Pembuatan Kartu Anggota LDTQN serta penyerahan secara simbolis Kartu Anggota LDTQN.


Pembukaan Up Grading I LD TQN Pontren Suryalaya
H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. Selaku Dewan Pembina LDTQN menyampaikan Sambutan dan membuka kegiatan Up Grading I
Penandatangan PKs dengan Bank Mandiri Syariah
Penyerahan Kartu Anggota secara simbolis

Yang menjadi Nara Sumber dalam kegiatan ini, antara lain :
  1. KH. Zaenal Abidin Anwar
  2. KH. Thohir Abdul Qohir
  3. KH. Drs. KH. Sandisi
  4. Drs. KH. Arief Ichwanie AS.
  5. KH. Beben Muhammad Dabbas
  6. Drs. H. Ahdi Nurudin


Penutupan Kegiatan UpGrading I
Sebagian Peserta berfoto Bersama

Kegiatan UpGrading ini akan dilaksanakan kembali pada bulan depan, jadi sifatnya berkala setiap satu bulan sekali. Ini Sesuai Himbauan dari Dewan Pembina LDTQN yang diumumkan oleh Pengurus LDTQN pada acara manaqib kemarin, yaitu :

  1. SESUAI ARAHAN DEWAN PEMBINA LDTQN PONTREN SURYALAYA, DAN UNTUK KETERTIBAN DAKWAH TQN PONTREN SURYALAYA. MAKA SELURUH MUBALIGH, IMAM KHOTAMAN, SESEPUH/PETUGAS MANAKIBAN, USTADZ, GURU, DOSEN DILINGKUNGAN TQN PONTREN SURYALAYA, DIMOHON UNTUK MENDAFTARKAN DIRI DAN MASUK MENJADI ANGGOTA LDTQN PONTREN SURYALAYA.
  2. SETIAP CALON ANGGOTA LDTQN PONTREN SURYALAYA, DIHARUSKAN MENGIKUTI UPGRADING I LDTQN, YANG AKAN DISELENGGARAKAN SETIAP BULAN (BA’DA MANAKIBAN).
  3. BAGI YANG BELUM BISA MENGIKUTI UPGRADING I LDTQN PADA ANGKATAN KE-I, MAKA DIPERSILAHKAN MENDAFTARKAN DIRI UNTUK MENGIKUTI UPGRADING PADA BULAN BERIKUTNYA.
  4. TEMPAT PENDAFTARAN KEANGGOTAAN DAN UPGRADING LDTQN DI KANTOR LDTQN PONTREN SURYALAYA, TELP. 0265 - 455866.