SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


PEMBINAAN USTADZ & USTADZAH
PENGAJIAN TRADISIONAL DAN MDTA
PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Suryalaya, Senin (17/07/2017). Dari pukul 16.30 sampai dengan 17.25 WIB. dilaksanakan kegiatan Pembinaan bagi para Ustadz & Ustadzah Pengajian Tradisional dan MDTA Pondok Pesantren Suryalaya.
Dalam kegiatan Pembinaan Ustadz & Ustadzah ini Pimpinan Pondok menyampaikan bahwa di pengajian Pondok Pesantren Suryalaya jangan ada pungutan apapun kecuali yang sifatnya mengganti seperti kitab, agar para orang tua santri tidak terlalu terbebani oleh biaya. Kemudian kita telah dipercaya oleh orang tua santri bahwa kita mampu mendidik putra/putrinya menjadi lebih baik.
Pimpinan pondok menegaskan kepada para ustadz kalau hanya sekedar mendidik itu mudah tetapi yang lebih berat yaitu bagaimana apa yang telah kita berikan kepada para santri mereka bisa mengamalkannya sehingga dapat menjadi contoh yang lain. Untuk mencapai tujuan tersebut, para ustadz didalam setiap pembelajaran harus terlebih dahulu berdoa dan robithoh kepada guru Mursyid (Syekh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra.)
Adapun untuk kurikulum pengajian kita kembali kepada kurikulum yang dulu diberikan Pangeresa Abah kepada H. Baban Ahmad Jihad SB. Ar. dan kepada KH. Umar Darowi yaitu pada setiap sore setelah sholat asar semua santri tingkat pertama harus ngaji sorof, untuk tingkat menengah ngaji kaela dan untuk tingkat lanjut ngaji al-fiyah.




SILATURAHIM IKHWAN PATI
KE PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Suryalaya, Minggu (16/07/2017). Setiap bulan Syawal Rombongan Ikhwan dari daerah Pati dalam setiap tahunnya selalu berziarah ke Maqom Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad ra. (Abah Sepuh) dan sekaligus berziarah ke Maqom Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. (Abah Anom). Selain untuk berziarah mereka juga ingin bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Pondok Pesantren Suryalaya.

Rombongan tiba di Suryalaya sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, kemudian beristirahat di Mesjid Nurul Asror.
Setelah melaksanakan Sholat Subuh Berjamaah dilanjutkan dengan berziarah ke makam Syaikh KH. Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad ra. (Abah Sepuh) dan Syaikh KH. Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin ra. (Abah Anom) di Puncak Makam Suryalaya.
Sekitar pukul 06.20 WIB Rombongan bersilaturahim dengan Keluarga Pontren Suryalaya yang diterima oleh Pangersa Umi dan H. Baban Ahmad Jihad S. B. Ar., kemudian dilanjutkan Sarapan Pagi yang telah disiapkan.

Selesai sarapan pagi kemudian rombongan ikhwan dari Pati menerima Tausiyah dari Pengemban Amanah KH. Zaenal Abidin Anwar. Sekitar pukul 10.00 WIB rombongan berpamitan untuk melanjutkan perjalanan kembali ke tempat yang lainnya.



Bersilaturahim dengan Keluarga Besar Pontren Suryalaya yang diterima oleh Pangersa Umi dan H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar.
Tausiyah dari Pengemban Amanah (KH. Zaenal Abidin Anwar)