SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


SHOLAT IDUL ADHA (10 DZULHIJAH 1435 H)
DI PONDOK PESANTREN SURYALAYA

Suryalaya (05/10/2014)
Allaahu Akbar Allaahu Akbar Allaahu Akbar
Laailaaha illallaahu Wallaahu Akbar Allaahu Akbar Walillaahil Hamd.

Bulan ini merupakan bulan yang bersejarah khususnya bagi umat Islam dibelahan dunia. Karena di bulan ini kaum muslimin dan muslimat akan melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu melaksanakan ibadah haji. Melaksanakan Ibadah haji ini merupakan salah satu perintah dari Allah Swt yang harus dilaksanakan oleh umat Islam khususnya bagi orang mampu dan serba tercukupi semuanya baik keluarga maupun kerabat yang tinggalkannya. Selain melaksanakan ibadah haji, pada bulan ini juga umat Islam akan merayakan hari raya Idul Adha yang pada tahun ini bertepatan dengan tanggal 05 Oktober 2014 / 10 Dzulhijjah 1435 H.

Setelah melaksanakan sholat Isya, dzikir dan khotaman berjamaah, lantunan kalimat takbir pun berkumandang setelah membacakan tawasul terlebih dahulu. Lantunan kalimat takbir ini di iringi dengan tabuhan bedug menggema yang di mainkan oleh sebagian santri yang tidak pulang menambah semarak dan meriahnya hari raya kali ini. Kalimat takbir ini bersahut-sahutan dimana-mana mengajak kita untuk sejenak melakukan refleksi bahwa tidak ada yang agung dan tidak ada yang layak untuk disembah kecuali Allah Swt Pemilik Semesta Alam.

Lantunan kalimat takbir ini berkumandang sampai menjelang sholat shubuh tiba. Setelah melaksanakan sholat shubuh berjamaah di Mesjid Nurul Asror lantunan kalimat takbir pun di lanjutkan kembali yang di pimpin oleh Ustadz Kamaludin Koswara di ikuti oleh seluruh jamaah yang ada di Mesjid Nurul Asror tersebut hingga menjelang sholat sunat Isyroq, Isti’adah dan Istikhoroh.



Suasana malam takbiran menjelang Idul Adha
Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Mesjid Nurul Asror


Sekitar pukul 05.25 WIB pelaksanaan sholat sunat ‘Ied pun dimulai dan yang bertindak sebagai Imam dan Khotib pada tahun ini ialah KH. Sandisi. Dalam khutbahnya beliau menyampaikan “Idul Adha merupakan Idul Qurban, dari peristiwa sejarah ini kita ketahui, peristiwa penting dalam arti dan makna Idul Adha dimana Nabi Ibrahim a.s telah memberikan pengorbanan yang besar dan mengagungkan dengan penyembelihan putranya Nabiyullah Ismail a.s demi pengabdiannya yang besar kepada Allah Swt. Allah membalas pengabdian itu dengan menukar putranya itu dengan seekor ghibas. Pengorbaan yang besar yang diberikan Nabi Ibrahim a.s oleh agama Islam telah dianjurkan pula kepada kaum muslimin untuk memberikan pengorbanan dan pengabdiannya kepada Allah Swt dengan melaksanakan penyembelihan hewan qurban seperti sapi, kerbau dan kambing kemudian dagingnya dibagikan kepada fakir miskin”.



Mushofahah dengan Keluarga Besar Pontren Suryalaya
Sebagian ada yang berziarah ke Makan Abah Sepuh dan Abah Anom



HALAQOH YAYASAN SERBA BAKTI PONTREN SURYALAYA
SE EKS KARESIDENAN PEKALONGAN
TEGAL, 13 SEPTEMBER 2014

Tegal, Sabtu (13/09/2014)Sekitar Pukul 08.00 WIB acara Halaqoh Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Se Eks Karesidenan Pekalongan dimulai yang bertempat di Ponpes Miftahul Jannah Desa Grobog Kulon Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Kegiatan ini diikuti oleh semua ikhwan/akhwat TQN Pontren Suryalaya Se Eks Karesidenan Pekalongan.
Adapun Tema Kegiatan ini yaitu "Dengan Halaqoh Kita Tingkatkan Amaliah Thariqah Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Pondok Pesantren Suryalaya"

Yang melandasi diadakannya kegiatan ini menurut Panitia Penyelenggara yaitu setelah wafatnya Guru Mursyid TQN POntren Suryalaya baik disadari maupun tidak bahwa terjadi beberapa pergeseran nilai-nilai dan penyimpangan yang sudah tidak sesuai dengan ajaran Abah Sepuh dan Abah Anom. Mendasari hal tersebut maka dalam rangka menjaga kemurnian amaliyah TQN POntren Suryalaya sesuai dengan ajaran Mursyid, maka Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Perwakilan Tegal memandang perlu adanya kegiatan seperti ini yang akan memberikan pengertian, pemahaman dan keyakinan serta pencerahan terhadap berbagai hal kepada ikhwan/akhwat TQN Pontren Suryalaya dalam mengamalkan amaliyah TQN Pontren Suryalaya yang sesuai dengan tuntunan Mursyid.

Dalam kegiatan ini yang menjadi pembicara, antara lain :

  1. H. Baban Ahmad Jihad S. B. Ar. mewakili dari Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya
  2. H. Edi Karman, S.Ag. mewakili dari Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Pusat
  3. KH. Moh. Busyaeri Wakil Talqin TQN Pontren Suryalaya
  4. H. Shofar Solahudin Bisri, S.Ag., M.Pd.



Suasana Kegiatan Halaqoh
Penjelasan dari Pihak Panitia
Penjelasan dari Pihak Yayasan Serba Bakti Pontren Suryalaya Pusat
H. Baban Ahmad Jihad S.B. Ar. sedang memberikan pemahaman dan penjelasan kepada peserta Halaqoh