Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti

Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti mempunyai sejarah panjang pendidikan di Pondok Pesantren Suryalaya. Sekolah ini didirikan pada tahun 1963 dengan jenjang pendidikan 4 (empat) tahun .

Setelah itu MTs mengalami perubahan kurikulum pendidikan yaitu pada tahun 1966 menjadi PGA 6 (enam) tahun dan terbagi menjadi PGAP dan PGAA. Kemudian pada tahun 1977 mengalami perubahan dari PGAP menjadi Madrasah Tsanawiyah dan PGAA menjadi Madrasah Aliyah. Madrasah Tsanawiyah adalah jenjang pendidikan 3 tahun, setingkat SLTP. Sedangkan Madrasah Aliyah adalah jenjang pendidikan 3 tahun dan setingkat dengan SMU.

Dalam kurun waktu yang cukup lama, perlahan-lahan Madrasah Tsanawiyah meningkatkan statusnya, maka pada tanggal 5 Pebruari 1981, memperoleh piagam Madrasah TERDAFTAR dari Kepala Kantor Wilayah Dep. Agama Propinsi Jawa Barat Nomor : 2/10/23/09/11. Berhak menurut hukum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, dan diperbolehkan untuk megikuti ujian persamaan Madrasah Negeri. Tanggal 25 Juni 1993, memperoleh Piagam Jenjang Akreditasi DIAKUI Madrasah Tsanawiyah Swasta dari Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Barat Nomor : B/W.i/MTs/03/23/1993. Nomor Statistik Madrasah :21.2.32.08.25.088 dan sejak saat tersebut berhak menjadi Penyelenggara EBTA/EBTANAS. Hingga akhirnya pada tanggal 17 Juni 1999, Memperoleh Piagam Jenjang Akreditas DISAMAKAN Madrasah Tsanawiyah Swasta dari Kepala Bidang Pembinaan Perguruan Agama Islam Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Barat, Nomor: A/Wi/MTs/040/1999, Nomor Statistik Madrasah : 21.2.32.08.25.088. Sampai sekarang MTs Serba Bakti membuka kelas jauh di Pondok Pesantren Sirnarasa Cisiri Ds. Ciomas Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Rencana Pengembangan :
Secara Umum Rencana Pengembangan MTs. Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya dapat dilihat dari rincian sebagai berikut ini :

  • Rencana Pengembangan Bidang Adm. Dan Prasarana
  • Rencana Pengembangan Bidang Sarana dan Prasarana
  • Rencana Pengembangan Bidang Ketenagaan
  • Rencana Pengembangan Bidang Kurikulum
  • Rencana Pengembangan Bidang Kesiswaan
  • Rencana Pengembangan Bidang Bimbingan dan Penyuluhan
  • Rencana Pengembangan Bidang Kerjasama atau Humas
  • Rencana Pengembangan Bidang Perpustakaan
  • Rencana Pengembangan Bidang Keagamaan atau Kepesantrenan
  • Rencana Pengembangan Bidang lain yang relevan.


Laboratorium Bahasa


Suasana Belajar di Kelas
Madrasah Tsanawiyah

Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Suryalaya
Jl. Ds. Tanjungkerta, Kec. Pagerageung - Kabupaten Tasikmalaya
Jawa Barat 46158
Tlp. 0265 - 455286
mts-sb@suryalaya.org

Pendidikan Formal Umum
Pendidikan Non-Formal
Pendidikan Formal Keagamaan