Madrasah Aliyah Serba Bakti


Madrasah Aliyah Serba Bakti yang sebelumnya bernama PGAA dan tergabung ke dalam Madrasah Tsanawiyah, namun sejak 1978 mengacu kepada Keputusan Dirjen Bimas Islam, maka PGAA berubah kelembagaanya menjadi Madrasah Aliyah, yaitu lembaga pendidikan lanjutan 3 (tiga) tahun dan setingkat dengan Sekolah Menengah Umum.

Dalam Perkembangannya Madrasah Aliyah berusaha meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan status kependidikannnya. Pada tanggal 18 Nopember 1992 status Madrasah Aliyah berubah dari status Terdaftar mendaji DIAKUI dengan Surat Keputusan Dirjen Binbaga Islam Nomor : B/E/IV/0072/1992. Dengan SK Dirjen Binbaga Islam nomor : E.IV/PP.03.2/KEP/139/1999 tanggal 9 Nopember 1999 status Madrasah Aliyah menjadi DISAMAKAN.

Kemudian sejak tahun pelajaran 1998/1999 sampai sekarang MA Serba Bakti membuka kelas jauh di Pondok Pesantren Sinar Rasa Cisiri Desa Ciomas Kec. Panjalu Kabupaten Ciamis, Provisi Jawa Barat. Rencana Pengembangan Ke Depan Sesuai dengan harapan Sesepuh Pondok Pesantren Suryalaya, bahwa setiap ikhwan memiliki ilmu yang luas, sehingga amalnya akan meningkat. Demikian juga dengan didirikannya lembaga-lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Suryalaya , diharapkan akan menjadi kader Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah yang handal.

Madrasah Aliyah terus berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dan dimasa mendatang siswa MA dapat menguasai Bahasa Asing, serta menguasai/hafal surat- surat dalam AlQur'an, hafal Khotaman, dan memahami Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah secara mendalam.

Setelah menyelesaikan di MA, siswa dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang ada di Pondok Pesantren Suryalaya, sehingga kelak dapat menjadi manusia yang siap pakai, dalam mengisi pembangunan bangsa.


Gedung Madrasah Aliyah



Suasana belajar di Madrasah Aliyah

Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Suryalaya
Jl. Ds. Tanjungkerta, Kec. Pagerageung - Kabupaten Tasikmalaya
Jawa Barat 46158
Tlp. 0265 - 454241
ma-sb@suryalaya.org


Lembaga Pendidikan
Pendidikan Formal mum
Pendidikan Non-Formal
Pendidikan Formal Keagamaan