SejarahTanbih & ToreqatTausiyah


 

Anda pengunjung ke :

 

Berita Pesantren


PELANTIKAN PENGURUS YSB. PPS.
PERWAKILAN KOTA BANJAR-CIAMIS SELATAN


Bertawasul sebelum makan
Membaca kitab al-Barjanji

Ba'da shalat Ashar, Jum'at (23/4) Pangersa Abah memberikan izin dan do'a restu kepada H. Baban Ahmad Jihad SB. Ar. (Salah seorang putranya-red) untuk membacakan amanat Beliau dalam acara Pelantikan Pengurus Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Pewakilan Kota Banjar - Ciamis Selatan Masa Bakti 2004-2009 yang berbarengan dengan acara Manaqib dan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw. di Mesjid al-Ikhwan, Pantai Pananjung Pangandaran Kabupaten Ciamis. Kira-kira Jam 15.45 WIB. rombongan meninggalkan Suryalaya dan tiba di tujuan menjelang shalat Isya.

Shalat Isya berjamaah, Dzikir dan shalat sunnat Lidaf'il Balaa-i yang ditutup dengan Khataman sudah menjadi sebuah rutinitas di Mesjid ini yang berjarak sekitar 100 m dari pantai Pangandaran, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kitab al-Barjanji dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad Saw. 1425 H. Mesjid milik salah seorang Sesepuh TQN ini -keluarga H. Endang (Alm)-, sejak menjelang Maghrib sudah dipenuhi oleh Ikhwan dan Akhwat juga para Pengurus YSB-PPS Pusat maupun Pengurus Perwakilan yang akan dilantik. Sebelum puncak acara dilaksanakan para Ikhwan bersama-sama tasyakur bi ni'mat dengan menu "Sea Food" Pangandaran. Dua rumah disediakan untuk keperluan ini dan seperti biasa sebuah antrian bisa kita lihat.

10 menit menjelang jam 21.00 waktu "Pangandaran", seorang Pembawa Acara paruh baya dengan gayanya yang "lucu" kemudian membacakan Susunan Acara yang dimulai dengan Pembacaan Ayat Suci al-Qur'an yang dilanjutkan dengan Shalawat, Pembacaan SK Yayasan oleh Sekretaris YSB. PPS. Pusat, Pembacaan Kata-kata Pelantikan dan sambutan oleh Ketua Yayasan dan ditutup dengan pembacaan Amanat Sesepuh Pondok oleh H. Baban Ahmad Jihad SB. Ar. yang diantaranya berisikan tentang perlunya keikhlasan dalam melaksanakan tugas serta mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif, produktif serta hubungan internal eksternal yang harmonis, tidak lepas juga dari rasa syukur nikmat atas anugerah dari Allah Swt. Untuk menambah wawasan keilmuan para Ikhwan Drs. KH. Sandisi salah seorang da'i dan dosen IAILM ini memberikan Khidmat Ilmiah yang berkaitan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. setelah sebelumnya seorang pejabat KUA memberikan sebuah sambutan pendek. Dengan penampilannya yang meyakinkan Imam Shalat Jum'at Pondok Pesantren Suryalaya ini mengkaitkan Siroh Nabawiyah dengan amalan TQN.

Pelantikan oleh Ketua YSB-PPS Pusat
Penyampaian Amanat Sesepuh
Khidmat Ilmiah Manaqib Oleh Drs. KH. Sandisi

"Tiga puluh menit" dari jam sepuluh malam, acara ini ditutup dengan pembacaan do'a dan sholawat Bani Hasyim oleh salah seorang Sesepuh Ikhwan. Setelah bermushofahah dengan para Ikhwan, rombongan langsung menuju ke Suryalaya dan tiba pukul 01.30 WIB. (24/4). Sementara itu beberapa pengurus Yayasan Pusat memutuskan untuk berangkat pagi harinya. (J@jang)