PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

(Fri 04 March 2011)

Kamis 03/3 atau bertepatan dengan tanggal 28 Rabi'ul Awwal 1432 H Santri Madrasah Diniyah Awaliah (MDA) Nurul Asror Pondok Pesantren Suryalaya menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara dimulai sekitar pukul 13.00 WIB diawali oleh pembacaan ayat suci AL-Quran oleh salah seorang santri MDA, dilanjutkan pembacaan tawassul oleh Ust Ali salah seorang guru MDA, dan penyampaian tausyiah oleh Ust. Danial Luthfi, S.Sos.I. Dalam tausyiahnya Ustadz Danil menyampaikan sifat-sifat Nabi yang patut dicontoh oleh kita sebagai ummatnya, yaitu Sifat Shidiq, Sifat Amanah, Sifat Fathonah, dan Sifat Tabligh..

Santri MDA sangat antusias dalam mengikuti acara Maulid Nabi tersebut, hal ini terlihat dari para santri MDA yang duduk manis dari awal acara sampai akhir sambil mendengarkan tausyiah yang diberikan oleh ustdz. Acara ditutup dengan pembacaan do'a oleh ustadz Engkos. Sebelum pulang ke rumahnya masing-masing, anak-anak dibimbing ziarah ke makam Pendiri Pondok Pesantren Suryalaya Syekh Abdullah Mubarok Bin Nur Muhammad ra oleh para guru MDA..

Santri MDA Yang Mengikuti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Malam harinya tepat setelah shalat Isya giliran santri pengajian Pondok Pesantren Suryalaya yang ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara diawali dengan khidmat amaliah manaqib. Selanjutnya khidmat ilmiah tausyiah tentang maulid Nabi disampaikan oleh Ustadz Danial Luthfi, S.Sos.I. Dalam khidmat ilmiahnya Ustadz Danial menyampaikan satu ayat Al-Quran yang berkaitan dengan maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu QS 33 Al-Ahzab ayat 21 yang menjelaskan tentang akhlak dan suri tauladan Rasululloh SAW. "Dalam ayat tersebut telah ditegaskan apabila kita ingin mempunyai akhlak seperti akhlak yang dicontohkan Rasululloh SAW maka kita harus senantiasa memperbanyak Dzikrulloh (ingat kepada Allah)", demikian penjelasan Ustadz Danil dalam tausyiahnya..

Acara ini diselenggarakan oleh para santri yang tergabung dalam sebuah organisasi santri yang bernama Dewan Santri (DS) Pengajian Pondok Pesantren Suryalaya. .

"Sebenarnya peringatan Maulid Nabi ini kami laksanakan sejak beberapa hari yang lalu dengan mengadakan perlombaan-perlombaan islami antar santri, seperti perlombaan membaca shalawat, bahtsul kutub dan musabaqoh syahril quran". Kata Riswan sebagai ketua pelaksana dan sekaligus ketua santri masa khidmat 2011-2012 saat ditemui suryalaya.org. "Tujuan dari kegiatan seperti ini tiada lain mudah-mudahan kita, khususnya santri pengajian Pondok Pesantren Suryalaya dapat memiliki akhlak yang dicontohkan oleh Rasululloh SAW"..

Para Santri Saat Mengikuti Perlombaan-perlombaan