MUBES I GMPS DAN PELANTIKAN DPP GMPS MASA HIDMAT 2024-2029

(Sat 09 March 2024)

suryalaya.org. Sabtu (02/03/2024). Generasi Muda Pontren Suryalaya (GMPS) Tasikmalaya secara resmi menggelar acara Musyawaran Besar I Generasi Muda Pontren Suryalaya (MUBES I GMPS) Tahun 2024, yang dilaksanakan di Aula SMK Plus YSB Suryalaya Tasikmalaya pada Sabtu 02 Maret 2024.
Dengan mengusung tema “Generasi Muda Pontren Suryalaya (GMPS) Garda Terdepan Pengamal, Pengaman dan Pelestari TQN Pondok Pesantren Suryalaya”, MUBES I GMPS digelar selama dua hari, dengan rangkaian kegiatan yang berbeda.
Adapun jadwal acara MUBES I GMPS pada hari pertama Sabtu 02 Maret 2024 dimulai dengan pembukaan, tilawah Al- Qur’an, pembacaan Tanbih dan Tawasul, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars GMPs dan Hymne GMPS, laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Dani Kahdar, A.Md dan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina GMPS H. Akhmad Masykur Firdaus Arifin, S.I.Kom. sambutan arahan Dewan Pembina GMPS disampaikan oleh Yayan Nurinsan,BE.,ST.,M.Eng. dan do'a dipimpin oleh Rachman Qutub, S.K.sos.
Selepas diresmikan MUBES I GMPS, melanjutkan rangkaian kegiatan yakni agenda persidangan, diawali dengan Sidang Pendahuluan, Sidang Pleno I yang menyajikan Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) GMPS Masa Khidmat 2019-2024, Sidang Pleno II yang diisi dengan Sidang Komisi-komisi, Sidang Pleno III yang diisi dengan laporan hasil sidang komisi, Sidang Pleno IV yang merupakan Sidang Formatur dan laporan hasil Sidang Formatur serta diakhiri dengan upacara penutupan.



Keesokan harinya Minggu 03 Maret 2024 acara Pelantikan Dewan Pengurus Pusat GMPS dan Serah Terima Jabatan dari Ketua Umum DPP GMPS Masa Khidmat 2019-2024, yang semula di jabat oleh H. Sufi Halwani, S.E. kepada Ketua Umum DPP GMPS 2024-2029 yang dijabat oleh Rachman Qutub, S.K.Sos. berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pelantikan Pengurus yang diterbitkan oleh Dewan Pembina GMPS.
Dalam agenda Pelantikan dan Serah Terima Jabatan DPP GMPS Tahun 2024 ini Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya H. Akhmad Masykur Firdaus Arifin, S.I.Kom., berpesan agar menjaga kekompakan, kebersamaan, silaturahim, ikatan persaudaraan, persatuan dan kesatuan antar komponen Generasi Muda Pontren Suryalaya, lintas generasi dan lintas kepengurusan untuk waktu jangka panjang.
Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya juga mengingatkan akan maklumat Pangersa Abah Anom selaku Sesepuh dan Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya, “Wa’tashimu Bihablillah” dan ingat akan petikan Tanbih wasiat Pangersa Abah Sepuh selaku pendiri dan Mursyid TQN Pondok Pesantren Suryalaya, “Jangan ada keretakan di lingkungan kita sekalian:. Amanat lainnya, bahwa pengurus baru dan pengurus lama harus senantiasa kompak bersatu, bahu membahu untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan GMPS, demi keutuhan dan kemajuan Pondok Pesantren Suryalaya. Sejukkan qolbu kita untuk fokus tegak lurus berkhidmat kepada Guru Agung Pondok Pesantren Suryalaya, tanpa penghalang dan gangguan apapun, berkhidmat tembus kepada kepada Guru Mursyid kita semua, bukan kepada siapapun, tapi kepada Pangersa Abah Sepuh dan Abah Anom.
MUBES I GMPS semakin teras bermakna, dengan hadirnya para peserta yang antusias dan berkontribusi dalam melahirkan keputusan-keputusan penting. Selain peserta dari DPP GMPS, juga diikuti oleh para peserta utusan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) GMPS, dengan total jumlah peserta 104 orang. Para peserta DPD yang hadir terdiri dari sebelas DPD dan satu DPC, yakni DPD GMPS Kabupaten Pati, DPD GMPS Bogor Raya, DPD GMPS Kabupaten Cianjur, DPD GMPS Kabupaten Karawang, DPD GMPS Tegal, DPD GMPS Kota Batam, DPD GMPS Kota Tasikmalaya, DPD GMPS Kota Bandung, DPD GMPS Kota Sukabumi, DPD GMPS Kabupaten Bandung dan DPC Kecamatan Sukaresmi.